Cara beternak bebek biar sukses punya ribuan ekor bebek berkualitas


www.lorongka.com - Cerita ini datangnya dari seorang laki-laki tua yang berprofesi sebagai peternak bebek. Namun bebek yang dia ternakkan cukup berhasil sehingga dia punya ribuan ekor bebek.

Bebek yang dia ternakkan bahkan setiap harinya bertelur dengan kualitas telur terbaik dan sangat laku dipasaran karena ukuran telurnya yang lebih besar daripada telur bebek biasanya.

Suatu ketika, petugas dari peternakan tiba-tiba datang kerumah peternak bebek tersebut untuk mengetahui bagaimana caranya agar bisa beternak bebek dengan sukses seperti itu.

Petugas: selamat siang pak, kami dari peternakan datang kemari untuk bertanya sedikit tentang bagaimna cara merawat bebek sebanyak ini.

Peternak: iya selamat siang pak, iya silahkan ditanyakan jika memang ada yang perlu ditanyakan.

Petugas: begini pak, saya perhatikan bebek bapak ini sangat banyak dan kalau boleh saya tau, bapak beri makan apa setiap harinya.

Peternak: setiap harinya saya beri makan dedak pagi dan sore, hanya itu pak.

Petugas: loh bapak ini bagaimna, kenapa bebeknya hanya di kandangkan dan kenapa tidak di lepaskan mencari makan. Kalau begitu bapak saya denda 3 juta rupiah.

Setelah berselang selama satu bulan kemudian, si petugas yang sama pun datang ke rumah peternakan si bapak itu dan menanyakan hal yang sama seperti yang ditanyakan sebelumnya.

Petugas: selamat siang pak. Oya bapak beri makan apa bebek-bebek bapak sebanyak ini ?

Peternak: (karena takut didenda lagi akhirnya dia mencari alasan) setiap harinya saya lepaskan di kali untuk mencari makan sendiri pak.

Petugas: bapak ini bagaimana sih, kenapa bebeknya dibiarkan dikali, nanti kalau hanyut bagaimana pak ? Kalau begitu bapak saya denda 3,5 juta.

Berselang selama satu bulan lamanya petugas itu datang lagi dengan membawa pertanyaan yang sama seperti yang diajukan kepada peternak itu sebelumnya.

Petugas: selamat siang pak. Setiap hari bapak beri makan apa bebek-bebek bapak ini ?

Peternak: (karena tidak ingin di denda untuk yang kesekian kalinya akhirnya dia mendapatkan alasan yang tepat) setiap hari saya beri dia uang jajan kemudian saya lepaskan dari kandangnya untuk bisa keluar berbelanja di warung makan.