Are You the next Polyglot? Sosok Dibalik Komunitas Bahasa Asing UIN, Mabbicara

GOWA, Lorong Kata - Ada tidak dari kalian yang tertarik mempelajari bahasa asing? Atau ingin mendapatkan teman baru yang asik di ajak mengobrol dan mengasah kemampuan bahasa asing kalian? Sepertinya, komunitas yang satu ini cocok buat Language Enthusiast seperti kalian nih.

Baru-baru ini, komunitas bahasa asing UIN Alauddin Makassar yaitu Mabbicara sedang mengadakan perekrutan anggota baru, nah buat kalian yang tertarik mempelajari berbagai macam bahasa dari negara lain komunitas inilah yang paling cocok mengisi waktu kalian agar lebih bermanfaat.

Tapi, sebelum bergabung dengan komunitas ini kalian tentunya harus kenal dulu dong siapa Founder dari komunitas keren ini...

Lahir di Makassar, pada tanggal 3 Juli Tahun 1997 yang berarti pria bernama lengkap Ghassan Zakiri itu sekarang genap berumur 22 Tahun. Ia juga merupakan Seorang Alumni UIN Alauddin Makassar jurusan Sistem Infrormasi yang sekarang tengah sibuk menjalani kesehariannya sebagai seorang Freelancer di Telkom Indihome dan juga mengelola komunitas Mabbicara.

Berawal dari Diksar di salah satu lembaga kampus, Cowok yang akrab disapa Gaza tersebut bertemu dengan salah seorang teman yang menguasai berbagai bahasa asing lalu terkesan akan sosoknya, ia mulai memberanikan diri untuk mengajak temannya yang bernama Irfan yang saat ini juga menjabat sebagai Vice President di Mabbicara sekaligus tutor berbagai bahasa untuk membentuk sebuah komunitas Bahasa Asing yang sekarang kita kenal dengan nama Mabbicara.

Bukan itu saja, ternyata alasan dibentuknya komunitas ini juga karena memang didasari oleh ketertarikan seorang Gaza akan bahasa asing. Namun katanya, sulit menemukan teman yang punya minat sama dalam bahasa Asing.

“Fakta menariknya, Komunitas ini hanya butuh satu bulan persiapan dalam pembentukannya. Setelah terbentuk, barulah dilakukan sosialisasi tentang seperti apa kegiatan belajar yang akan diterapkan di kelas Mabbicara,” ungkap cowok yang terkenal sangat ramah tersebut.

“Sosialisasi yang dilakukan berupa membagikan Video dan Foto kegiatan komunitas tersebut di berbagai Media Sosial.” Tambahnya.

Saat ditanya tentang Sistem pembelajaran di Mabbicara, Gaza menungkap bahwa sistem belajarnya ialah Sharing. Selain itu, untuk bahasa Inggris akan ada waktu khusus kelas Full Speaking untuk melatih percakapan dan untuk kelas lain akan ada kelas basic tentunya ditutor langsung oleh anggota Mabbicara itu sendiri.

Ada total 8 bahasa asing yang dapat dipelajari di Mabbicara dan hebatnya kalian tidak perlu lagi mengeluarkan biaya mahal untuk menguasai berbagai bahasa asing karena komunitas ini telah hadir menjawab masalah kalian yang akan menjadi the next polyglot!

Komunitas keren ini tentunya tidak akan bisa berjalan sampai sekarang tanpa seorang pemimpin yang bekerja keras, amanah, konsisten dan tentunya memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat serta kepercayaan terhadap para anggotanya untuk melakukan yang terbaik.

Ghassan Zakiri ini merupakan sosok yang patut dicontoh para kawula muda di era milenial seperti sekarang ini, menjadikan hobi dan minatnya tidak hanya berguna bagi diri sendiri tapi juga untuk orang lain.

“harapan saya, semoga mabbicara bisa eksis dan bertahan hingga ke tingkat internasional sehingga semua anggota mabbicara bisa terus belajar dan meningkatkan skillnya dalam bahasa asing dan juga bisa melahirkan polyglot baru.” Tutupnya menyampaikan harapan untuk Mabbicara kedepannya.

Citizen reporter: Jessy Magfirah Miryanas.