LORONG KATA

Lorong Kata --- Dear seluruh pengemudi di Bumi. Sudahkah kamu membeli asuransi untuk kendaraanmu? Jika belum, maka pesanku segerakan agar kamu bisa berkendara tanpa cemas.

Di indonesia, masih banyak orang yang beranggapan bahwa asuransi adalah sesuatu hal yang tabu. Persoalan klaim yang berbelit, tidak sesuai dengan tawaran, inkar janji, dan yang lebih mengerikan lagi jika merambat pada persoalan akidah. Tetapi, sebelum itu lebih baik hilangkan prasangka burukmu. Sebab, asuransi adalah sesuatu yang menyenangkan dan menguntungkan, bukan sesuatu yang menyeramkan seperti yang kamu pikirkan.

Sebenarnya, memiliki asuransi adalah suatu hal yang sudah sangat tepat. Karena pada dasarnya semua orang membutuhkan proteksi baik untuk dirinya maupun untuk properti yang di miliki.

Salah satu contoh, memberikan proteksi lengkap untuk berkendara dengan nyaman yaitu dengan membeli asuransi untuk kendaraan. Sebab asuransi yang dibeli dapat menanggung biaya-biaya yang timbul jika terjadi sesuatu dengan kendaraan kita kelak.

Bisa dipastikan hari ini kendaraan kita masih aman-aman saja. Namun, apakah kamu bisa memberikan jaminan selamanya akan seperti itu? Tentu tidak bukan? Oleh karenanya asuransi itu penting. Dunia penuh ketidakpastian Tuan-tuan, hari ini masih bisa jalan-jalan dengan mobil baru, esok pagi mungkin masuk rumah sakit karena mata bengkak menangisi kendaraan kita yang sudah ringsek. Ngeri nggak sih?

Bukan bermaksud menakut-nakuti. Begini, orang yang sayang terhadap kendaraannya pasti akan menjaganya dengan baik. Jadi, kalau sayang terhadap kendaraan kita maka lindungi dengan membeli asuransi di MSIG Online adalah hal yang sudah sangat tepat. Loh, kok kayak agen asuransi yah, hehehe.

Pertanyaannya, kemana harus Beli Asuransi Mobil yang aman dan terpercaya?

Asuransi yang terpercaya salah satunya adalah MSIG Online merupakan bagian dari PT Asuransi MSIG Indonesia, salah satu perusahaan asuransi umum patungan terbesar di Indonesia yang juga anggota dari grup asuransi umum terbesar di Jepang. Telah beroperasi di Indonesia selama lebih dari 40 tahun dan berkembang terus-menerus sepanjang tahun.

Dengan asuransi MSIG Online, kita akan merasakan Proses yang praktis, aman dan cepat dapat menjadi pilihan tepat bagi kita yang menginginkan proteksi lengkap saat berkendara. Karena dengan Asuransi Kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas.

Yang tidak kalah penting lagi. Membeli Asuransi Kendaraan bermotor di MSIG Online, Anda dapat mengurangi resiko yang akan terjadi seperti resiko kerusakan pada unit kendaraan, tuntutan pihak ketiga, kecelakaan pribadi dan masih banyak lagi resiko lainnya.

Asuransi MSIG memberikan jaminan penggantian kepada tertanggung terhadap kerugian atau kerusakan atas kendaraan bermotor yang dipertanggungkan yang disebabkan oleh:
  1. Kecelakaan, tabrakan/benturan, perbuatan jahat oleh orang lain, pencurian, kebakaran, dan sambaran petir.
  2. Sebab-sebab selama penyeberangan dengan kapal feri.
  3. Kerusakan terhadap roda, ketika menyebabkan kerusakan pada kendaraan akibat kecelakaan.
  4. Biaya yang wajar yang dikeluarkan, seperti biaya penderekan akibat kecelakaan, maksimum 0,50% dari jumlah pertanggungan.
Apa sih jaminan setelah membeli asuransi MSIG?

Berikut yang dijamin oleh asuransi MSIG setelah membelinya.

Jaminan Dasar
1. Risiko Gabungan/Komprehensif
Polis gabungan/Komprehensif menjamin kerugian dan atau kerusakan atas kendaraan bermotor oleh:
  • Kerusakan Rangka. Menjamin kerugian dan atau kerusakan, total maupun sebagian, atas kendaraan bermotor akibat risiko-risiko yang disebutkan di atas.
  • Tanggung Jawab Hukum Terhadap Pihak Ketiga. Penggantian terhadap kepentingan keuangan atas tanggung jawabnya menurut hukum untuk segala kerusakan yang disebabkan oleh atau dalam hubungannya dengan kendaraan bermotor terhadap pihak ketiga.
2. Kerugain Total/ Total Loss Only (T.L.O)
Hanya menjamin:
  • Kerusakan atau kerugian dimana biaya perbaikan sama dengan atau lebih dari 75% dari harga sebenarnya dari kendaraan bermotor atau
  • Hilang karena dicuri dan tidak ditemukan dalam waktu 60 (enam puluh) hari sejak terjadinya pencurian.
Perluasan Jaminan
  • Kecelakaan Diri terhadap Penumpang Kendaraan Bermotor. Menjamin kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan terhadap penumpang kendaraan bermotor.
  • Kecelakaan Diri terhadap Pengemudi Kendaraan Bermotor. Menjamin kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan terhadap pengemudi kendaraan bermotor.
  • Pemogokan, Kerusuhan, Huru hara, Teroris dan Sabotase (S.R.C.C.T.S).
Keren bukan!!! Pertanyaan selanjutnya. Gimana sih cara membeli Asuransi Kendaraan bermotor di MSIG Online?

Yuk simak gambar di bawah ini. Beberapa langkah atau cara membeli asuransi kendaraan bermotor MSIG Online. tetapi, sebelum itu buka dulu website MSIGOnline.co.id di sana kita juga akan mendapatkan panduan mengenai cara membeli asuransi dengan cara kurang lebih seperti di bawah.
Pengajuan Klaim ribet nggak? Lebih detailnya silahkan lihat prosedur dibawah ini:
  • Laporkan klaim Anda melalui layanan 24 jam klaim center MSIG di (021) - 292 79 636
  • Klaim center MSIG akan memandu anda ke langkah-langkah berikutnya
  • Jika klaim merupakan reimbursement, dapat langsung di informasikan ke email di claim-motor@id.msig-asia.com

Sudah Saatnya Asuransi di Ujung Jari Anda

MSIG terus berupaya memberikan penawaran yang terbaik untuk Asuransi kendaraan bermotor kita. Oleh sebab itu, MSIG hadir dengan layanan berbasis online untuk memberikan kenyamanan dalam berasuransi.

Sudah waktunya daftarkan akun Anda sekarang dan dengan senang hati MSIG akan memberikan pelayanan yang terbaik.

Ingat yah, asuransi itu sangat penting untuk memberikan perlindungan bagi kendaraan kita. Membeli asuransi bukan berarti mendoakan agar terjadi apa-apa terhadap kendaraan kita, namun membeli asuransi adalah salah satu cara memberikan proteksi terhadap keamanan kendaraan kita.

Bagi kalian yang belum memiliki asuransi, maka pesan saya segerakan untuk Beli Asuransi Mobil dan berkendaralah dengan pelan, jangan ngebut-ngebutan lagi agar terhindar dari bahaya.

Asuransi Kendaraan MSIG, Berkendara Tanpa Cemas

SINJAI, — Ikatan Alumni (IKA) SMP Negeri 3 Sinjai Tengah bersama Pemuda Tani Pecinta Alam (PATAPA) Desa Saotanre melakukan diskusi santai dengan membahas potensi pemuda. Sabtu, (18/5/2019) malam.

Menurut Rabiul Awaluddin, ketua umum IKA SMPN 3 Sinjai Tengah kareba mendengar kata pemuda identik dengan intelektual, dan semangat berapi-api.

"Pemuda harus tampil dengan intelektual, kerja keras, dan semangat, tapi nyatanya pemuda dimanjakan dengan gedget, dulu kita disibukkan dengan membaca Al-Qur'an dan cangkul," kata Awal sapaannya.

Awal berharap agar pemuda yang merantau dan menempuh pendidikan di kota harus kembali membangun desanya.

"Pemuda yang merantau dan selesai kuliah di kota harusnya mereka kembali membangun Desa dan tidak berlarut-larut dan tenggelam dengan kehidupan kota," imbuhnya.

Diskusi tersebut semakin meriah dengan cerita pengalaman pemuda menempuh dunia pendidikan dan pengalaman selama perantauannya masing-masing.

AL/REDAKSI

Lorong Kata --- Andai jatuh cinta boleh dipilih, maka aku tak akan pernah mencintaimu, dan andai waktu bisa diputar, aku tak ingin bertemu denganmu, karena pada akhirnya perpisahan menghampiri kita.

Ketahuilah bahwa kita adalah dua manusia yang menjadi korban atas perasaan yang seharusnya tidak seperti ini.

Ketahuilah, kita tak pernah berfikir untuk pertemuan yang singkat, ketahuilah aku sama sekali tidak ingin mengenalmu. Namun takdir mengatakan kita harus berkenalan dan berakhir dengan kesengsaraan.

Tapi, jangan menyalahkan takdir yang telah mempertemukan kita, salahkan manusia Yang mencintai terlalu terburu-buru, salahkan aku yang begitu jatuh ke senyumanmu.

Ketahuilah, bahkan detik ini setelah kepergianmu aku masih terlalu mencintaimu, bahkan aku mendo'akan agar kebaikan selalu menghampirimu disetiap saat.

Hal utama yang perlu kau ketahui ialah, aku tak selamanya begini, akan ada masa aku perlahan membuka jalan, memungut kembali puing-puing kesakitanku, dan aku membuka tangan untuk mereka yang ingin menggenggamku dan tak menyianyiakanku.

Ketahuilah, menunggu itu bukan kegiatan yang menyenangkan. Pesanku padamu, hargai mereka yang selalu ingin membuatmu tersenyum, karena karma akan tetap menimpahmu kapanpun dan dimana pun.

Asal kau tau, aku masih mengingat warna bajumu, bau parfummu, jam tangan yang kau gunakan, aku masih ingat senyummu yang menggemparkan pelupuk sukmaku, aku masih ingat masih sangat ingat!

Aku mengakui pada awalnya aku tak memiliki sama sekali rasa terhadapmu, jantungku biasa-biasa saja saat mendapat pesan singkat darimu, bahkan pernah terlintas di kepalaku, bahwa kau bukan tipe dan kesukaanku.

Tapi dipersimpangan jalan, aku mulai memperhatikanmu, diam-diam mengintip tiap slide fotomu di akun instagram pribadimu, merasa aneh jika tak mendapat kabarmu.

Ketahuilah, rasaku hadir sesaat, aku mencoba menggambar matamu di imajinasi puisiku, karena matamu yang membuatku jatuh, matamu yang membuatku tak bisa melupakanmu, entah mengapa rasanya mata itu menghadirkan euforia baru untukku.

Namun, sayangnya kau tak lebih dari pecundang, yang menghadirkan rasa lalu pergi tanpa permisi, kukira kau lelaki baik-baik namun nyatanya kau tak lebih dari perampas kebahagian seorang wanita.

Ketahuilah, jika ada objek yang mampu membuatku melupakanmu, maka aku akan melakukannya, karena apa? Aku kasihan terhadap diriku sendiri, yang mencintai sosok lelaki yang tak memiliki prinsip hidup.

Iya, kau tak memiliki prinsip, karena apa? Kau biarkan komitmen yang kau buat sendiri hancur dengan sendirinya, aku sama sekali tidak pernah meminta untuk berkomitmen denganmu, tapi yang memulai lebih dulu itu kamu, dasar.

Hal yang paling bernilai dari diri seorang lelaki ialah, apabila berjanji mampu membuktikan, apabila membuat komitmen dia mampu bertanggungjawab.

Ketahuilah, alam akan mengutuk perbuatanmu, karma akan menghampirimu, karena agama begitu memuliakan wanita, bahkan malaikat akan mengutuk tiap langkahmu jika kau membuat wanita menangis dan membuatnya tersakiti.

Kau menyebutku kejam? Lebih kejam mana denganmu? Yang memberiku harapan yang begitu tinggi, berjanji untuk selalu ada, tapi kenyataannya sekarang kau hilang tanpa kabar.

Kau termasuk golongan munafik atau golongan apa? ketika berjanji dia mengingkari dan ketika diberi amanah dia ingkar. Sungguh tak bisa dipercaya!

Aku tidak pernah mengutukmu, bahkan membencimu tidak, itu bukan aku, bahkan aku sudah memaafkanmu, tapi rencana tuhan siapa yang tahu? Ada baiknya kau pandai-pandai dalam menyakiti perempuan, asa terus kemampuanmu dalam menyakiti perempuan.

Kalau perlu kau buat komunitas yang bertemakan "korban perasaan", dan setelah itu bersenang-senanglah dengan karmamu.

Penulis: Sutra Tenri Awaru

Aksaraku Yang Malang
Oleh: Sutra Tenri Awaru

Entah, ada apa denganku ini
Entah, mengapa aksaraku seperti ini
Entahlah...
mengapa setiap paragrafku
Tak begitu lengkap
Ada apa ini?

Atau mungkin aksaraku tak lagi bermakna
meski kugubah dengan jutaan metamorfosa yang kupaksa.

Mengapa seperti ini?
Akankah aksaraku akan semalang ini?
Akankah setiap metarmofosa yang kupaksakan akan menjadi baik?

Andai tulisanku mampu bercerita, maka akan ku paksa mereka untuk menjawabnya, entah ada apa dengan aksaraku, seakan menuju puncak lalu jatuh, menghilang, dan tak ditemukan

Seakan setiap makna, tak lagi menunjukkan estetikanya, ada apa? Bahkan aku bergelut dengan otak dan lidahku, namun tak pernah ku temui makna dan alur di dalam aksaraku, ada apa ini?

Mengapa bisa aksaraku semalang ini?
Sangat sangat dan sangat tak memiliki tujuan
Huuuu, aksaraku yang malang.

Tuhan Sayang Ibu
Oleh: Gita Puspita Yoga

Senja telah pergi
Kini giliran ku, menyambut malam sendiri
Namun malam tak mau menyapa
Tak lupa kurangkai kata indah dalam do’a
Tuk ibu yang telah tiada

Gubuk tua itu pun tak lagi berseri
Sepi, sunyi, sendiri
Yaa… Kini aku lalui
Adik-adik yang selalu menemani
Kan ku jaga sepenuh hati

Tapi, jiwa pun terombang-ambing
Bak derasnya ombak di pantai
Tak tau arah tuk melangkah
Potret indah tanda senyumnya
Kian mampu mendamaikan hati yang gundah

Ibu
Kau ajarkan kami arti hidup
Tak pernah lelah dalam membimbing
Menjadi insan pemberani
Kau hidupkan asa kami tuk menang
Hadapi kerasnya dunia
Beribu nasihat menjadi bekal kami
Qona’ah, ikhlas, sabar dan tangguh
Jadi prinsip dalam pribadimu ajarkan kami

Trimakasih ibu
Tuhan sangat menyayangimu
Walau jauh ragamu
Tak surutkan kasih kami padamu
Semoga sang Khalik selalu menjaga mu
Dan menempatkanmu di Jannah nan indah
Do’a ku selalu menyertaimu
Ibu.

BONE, PKM merupakan Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti dan dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi.

Pada tahun 2019, Proposal yang lolos sebanyak 6 proposal dari 20 proposal Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bone yang diajukan ke Kemenristekdikti.

Ini lebih banyak dibandingkan Tahun lalu yaitu hanya 2 proposal PKMPSH.

Ke-6 Proposal tersebut terdiri dari 2 bidang yakni 4 proposal dari bidang PKMPSH dan 2 Proposal PKMM.

Pencapaian dari ke enam Proposal penelitian mahasiswa yang lolos membawa nama baik bagi Institusi STKIP Muhammadiyah Bone menjadi:

Top 20 Perguruan Tinggi di bawah naungan Muhammadiyah se-Indonesia dan satu-satunya Perguruan Tinggi Non-Universitas

Ke-2 Terbanyak yang meloloskan mahasiswa PKM 5 Bidang Untuk Wilayah Indonesia Timur untuk PT Muhammadiyah.

Proposal terbanyak yang lolos PKM 5 Bidang Perguruan Tinggi Muhammadiyah Se-Sulawesi Selatan.

Ke-3 terbanyak Lolos PKM 5 Bidang Perguruan Tinggi Swasta Se-LLDIKTI-IX.

Salah satu Proposal Penelitian bidang PKMPSH yang lolos di Kemenristekdikti dengan Judul "Peningkatan Konsep Diri Akademik Siswa Melalui Model Pembelajaran BBLC yang Terintegrasi Permainan Tradisional Hompimpa Berbasis Filosofi Bugis".

Dilaksanakan di SMAN 11 Bone Kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi dan diketuai oleh Lena Khusaema Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan 2015 dengan Anggota penelitian sebanyak 2 orang yakni Andi Fauziah dan Nurlia.

Keduanya merupakan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Angkatan 2017.

Proposal Penelitian tersebut merupakan satu-satunya Proposal penelitian dari Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Bone Berbasis Kearifan Lokal yang diajukan ke kemenristekdikti.

Lena Khusaema menyatakan bahwa sebagai salah satu ketua peneliti dalam proposal PKMPSH merasa bangga penelitiannya bisa lolos dikemenristekdikti karena hal ini merupakan ajang bergengsi dikalangan Mahasiswa dan tidak mudah untuk sampai ke Tahap ini.

"Sebenarnya saya sudah 3 Kali mengajukan Proposal PKM di Kemenristekdikti yakni PKM 2017, PKM 2018, terakhir PKM 2019 dan Alhamdulillah Pada PKM 2019 saya bisa lolos, itulah mengapa saya sangat berbangga, "katanya.

Dia berterima Kasih kepada A. Muh. Irfan Taufan Asfar, M.T., M.Pd yang merupakan dosen Pendampingnya yang tidak henti-hentinya memberikan bimbingan secara online/daring maupun secara offline(tatap muka) selama 4 bulan.

Selain bimbingan dari Dosen Pendamping, Dosen lain yang tak henti-hentinya memberikan motivasi untuk terus bekerja keras dan pantang menyerah untuk mengerjakan Proposal PKM ini adalah A.Muh. Iqbal Akbar Asfar, M.T, M.Pd.

Penelitian ini akan diseminarkan dalam seminar nasional sebagai luaran dari Proposal PKM Olehnya itu.

Para Dosen STKIP Muhammadiyah Bone menaruh harapan besar kepada Mahasiswa(i) yang lolos tersebut agar dapat melaksanakan penelitiannya dengan baik dan benar sehingga Bisa Lolos PIMNAS yang merupakan ajang Top bagi mahasiswa Top.

REDAKSI

Powered by Blogger.