-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Memilih Asuransi Jiwa Bagi Para Pemula

Selasa, 17 November 2020 | 22:24 WIB Last Updated 2020-11-17T14:24:51Z



LorongKa.com - 
Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang akan memberikan perlindungan kepada individu maupun keluarga dari kerugian finansial akibat risiko kematian, cacat seumur hidup, hingga sudah tidak produktif lagi.


Asuransi jiwa ibarat pepatah Sedia payung sebelum hujan. Jadi, sebelum terjadi risiko yang tidak diinginkan, Anda sudah berjaga-jaga sebelumnya. Dengan begitu, hidupmu bisa menjadi lebih tenang karena sudah memiliki perlindungan. Keuangan keluarga juga bisa lebih stabil karena adanya uang pertanggungan jika Anda meninggal dunia.


Dalam memilih asuransi jiwa terbaik, ada beberapa langkah yang harus Anda perhatikan agar nantinya Anda tidak salah langkah, berikut ini penjelasannya:


1. Kenali produk asuransi jiwa


Langkah pertama Anda harus mengenali terlebih dahulu produk asuransi tersebut. Kenali apa saja jenisnya dan apa saja manfaat asuransi jiwa yang ditawarkan.  Selain asuransi jiwa juga penting memiliki kelebihan asuransi kecelakaan kerja untuk keamanan hari tua anda.


2. Sesuaikan premi dengan kemampuan finansial


Premi merupakan anggaran yang harus Anda keluarkan setiap bulan untuk membayar asuransi. Pembayaran premi bisa dilakukan bulanan, tiga bulanan atau kuartalan, enam bulanan atau semesteran, atau tahunan.


Yang pasti, sesuaikan jumlah premi dengan anggaran bulananmu. Idealnya, alokasi dana untuk membayar asuransi jiwa terbaik adalah 10-20 persen dari jumlah pendapatan bulanan. Jadi, kalau pendapatan bulananmu adalah Rp 10 juta, maka Anda bisa mengambil premi maksimal Rp 1 juta per bulan.


3. Ketahui besaran uang pertanggungan


Namanya juga asuransi jiwa, pasti akan ada uang pertanggungan yang akan diberikan. Ini adalah nilai yang akan dibayarkan perusahaan asuransi kepada Anda atau ahli waris Anda. Besaran uang pertanggungan ini sangat berkaitan dengan premi yang dibayarkan. Semakin tinggi premi yang dibayarkan, biasanya semakin tinggi uang pertanggungan yang diberikan.


4. Perhatikan track record perusahaan asuransi


Kini saatnya Anda memilih perusahaan asuransi. Saat memilih perusahaan asuransi, pilihlah yang memiliki kredibilitas tinggi. Hal ini bisa Anda lihat dari track record perusahaan asuransi tersebut. Apakah ada penghargaan tertentu yang diberikan selama beberapa tahun belakangan? Adanya penghargaan bisa menjadi indikasi kalau perusahaan asuransi jiwa tersebut memiliki track record yang bagus di mata masyarakat.


Namun ada juga premi yang tinggi, tapi uang pertanggungannya sangat kecil. Hal ini biasanya terjadi karena manfaat uang premi dibagi menjadi dua, yakni untuk tabungan atau investasi seperti pada jenis asuransi jiwa dwiguna dan asuransi jiwa unit link.

×
Berita Terbaru Update