-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kabupaten Jeneponto, Saatnya Pemuda Yang Pimpin

Minggu, 14 Februari 2021 | 00:11 WIB Last Updated 2021-02-13T16:11:45Z

Paisal, Mahasiswa Pascasarjana Unhas, Jurusan ilmu politik

LorongKa.com - 
Kabupaten Jeneponto salah satu daerah, terletak di Sulawesi- Selatan, yang akan menggelar pesta demokrasi akan datang untuk mengisi kursi eksekutif maupun legislative.


Hadirnya pertarungan dan isu pilkada sengit ini, tentu kita sebagai masyarakat merasa tertantang karena kemunculan para figure-figure yang bertebaran di media sangat menggungcangkan Suara Rakyat Turatea (Surat) Jeneponto saat sekarang ini.


Terlepas dari kemunculan figure- fugur tersebut entah sebagai isu- isu ataupun benar adanya yang terlempar di Facebook, Group maupun media- media lainnya, tetapi sebagai warga Jeneponto ada yang bersyukur dan ada juga sebagian diresahkan berbagai informasi hoax.


Perhelatan Pilkada dan pilcaleg Jeneponto akan datang sebagai ajang kompromi politik berbasis kekuasaan daerah sangatlah kita nantikan, kemunculan sosok pemuda berkarakter, cerdas, dan militansi dalam mengisi kursi- kursi kekuasaan yang kita harapkan


Perputaran pilkada dan pilcaleg dari periode ke periode diisi oleh figure- figure hebat hingga sekarang ini, namun saya mengamati pilkada maupun pilcaleg selanjutnya harus diisi oleh orang- orang yang berkompeten di wilayah tersebut, sehingga tidak hanya sebatas mewakili rakyat di kursi DPRD namun dapat memperjuangkan kebutuhan rakyat.


Dan orang- orang yang berkompeten yang dimaksud adalah kemunculan figure baru dari pemuda- pemuda untuk mengisi ruang kekuasaan dipertarungan akan datang sebagai manifestasi untuk kemajuan sebuah daerah.


Kita melihat memberi kesempatan oleh putra daerah atau pemuda- pemuda untuk memimpin Jeneponto, sudah mampu diletakkan kepundaknya sebagai pelengkap dan membangun Jeneponto yang smart dan berdaya saing dengan daerah lain.


Kehadiran figure dari pemuda- pemuda sebagai gerbang baru bagi daerah Jeneponto kedepan, kita harus memberikan ruang dan kesempatan bagi pemuda- pemuda yang berkompeten untuk memimpin Jeneponto kedepan.


Kedepan jika Jeneponto ingin dilihat maju dan berkembang maka kita harus mengusung pemuda- pemuda yang memiliki mental dan kecerdasan mengatur kebijakan- kebijakan dalam system maupun mengetahui kebutuhan sekunder maupun primer dikalangan masyakarat Jeneponto.


Dalam konteks pilkada maupun pilcaleg kedepan, kita penting menilai bahwa pemuda yang berkompeten sangatlah banyak namun yang menjadi pertanyaan?


Bagaimana dukungan dan support para tokoh- tokoh di jeneponto? Apakah bersatu mengusung pemuda? Ataukah masihkah mereka yang akan berperan di pertarungan selanjutnya?


Tentu sangat disayangkan jika pertarungan pilkada maupun pilcaleg akan datang jika tokoh- tokoh kita tidak memberi kesempatan pada pemuda- pemuda untuk memimpin Jeneponto kedepan, ini suatu hal bagi kita adalah kemunduran pemuda yang ada di Jeneponto.


Bisa kita melirik dan melihat betapa banyaknya pemuda- pemuda yang berkualitas dari yang berkiprah Nasional maupun sampai ke daerah- daerah yang bisa di pasang di perhelatan pilkada dan pilcaleg


Partai politik harus menyaring betul- betul kandidat yang berkompetensi dan partai politik harus mempunyai banyak figure- figure yang talenta dan teruji yang bisa diusung dalam pertarungan pilkada dan pilcaleg Kab. Jeneponto kedepan.


Masyarakat Jeneponto harus memberi dukungan untuk pemuda, mengambil peran dalam kekuasaan dan hadirnya pemuda yang bertarung di pilkada dan pilcaleg suatu hal yang sangat kita harapkan sebagai benteng pertahanan.


Sikap yang diambil oleh pemuda sangatlah penting dan  hadir bila mana perhelatan pilkada dan pilcaleg akan datang diwarnai oleh pemuda- pemuda berkompeten dan saatnya kaum tua memberi dukungan moril pada pemuda- pemuda.


Perhelatan kedepan tentu sangat diharapkan munculnya pemuda yang dapat memberi kontribusi dan wawasan baru pada sector perpolitikan maupun penguatan system kepemimpinan Kab. Jeneponto.


Keberadaan pemuda diperhelatan selanjutnya memberi bukti bahwa dalam situasi dan keadaan sekarang dapatlah memberi ruang bagi pemuda untuk menahkodai Kab. Jeneponto baik ditingkat eksekutif maupun legislative.


Kita menilai bahwa panggung- panggung kekuasaan kedepan amatlah berarti bagi pemuda untuk menjawab persoalan dan polemic yang ada di Kab. Jeneponto.


Karena keguncangan system yang terhirarki ini, sebagai peluang dan kesempatan bagi pemuda untuk mengambil peran dalam menormalisasikan keadaan dari keadaan yang remuk menjadi keadaan yang lebih normal.


Dalam perjalanan system kekuasaan Kab. Jeneponto belum kita melihat dan mengetahui pemuda yang pernah menjadi sosok pemimpin yang baik untuk masyarakat Jeneponto apalagi menjadi figure- figure terbaik yang diusung oleh partai politik


Keadaan yang serba genting seperti ini tentu menjadi rujukan penting bagi munculnya pemuda- pemuda untuk bertarung dan menjawab tantangan kedepan. kita harapkan pada partai politik maupun lembaga- lembaga yang terkait mengusung figure yang mengedepankan kualitas secara kolektif dibandingkan dengan modal kemauan saja.


Dari tangan pemuda yang mampu menjawab tantangan ini, yang dapat memberi warna baru untuk perhelatan pilkada dan pilcaleg Kab. Jeneponto kedepan yang lebih bergengsi.


Pilkada dan pilcaleg akan datang harus memunculkan figure terbaik dari kalangan pemuda- pemuda dan yang pasti bisa memberi perbaikan pada system kekuasaan maupun meningkatkan system kebutuhan masyarakat Jeneponto seterusnya.


Oleh karena itu, kita penting memberi dukungan pada pemuda yang maju beratarung diperhelatan pilkada akan datang, bukti bahwa Jeneponto sudah layak di pimpin pemuda yang berkualitas dan bertanggung jawab.


Dengan dorongan dan support kepada pemuda sebagai manifestasi untuk pesta demokrasi akan datang, memberikan kesempatan pada pemuda- pemuda sebagai wujud menuju Jeneponto yang lebih baik.


Penulis: Paisal, Mahasiswa Pascasarjana Unhas, Jurusan ilmu politik.

×
Berita Terbaru Update