Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kalkulator Online SehatQ, Cara Mengetahui Perkiraan Lahir

Senin, 11 Oktober 2021 | 22:02 WIB Last Updated 2021-10-11T14:02:26Z

Image from SehatQ

LorongKa.ccom - 
Halo sahabat Lorong Kata! Aku mau kasi tips, nih, buat kalian para kaum hawa terutama bagi ibu-ibu hamil, tapi buat para calon ayah, boleh juga kok membaca artikel ini, hehehehe.


Jadi, SehatQ.com punya fitur baru buat para ibu hami yang sudah harap cemas menunggu kehadiran buah hatinya lahir ke dunia menghirup udara bebas. 


Tetapi, Sebelum saya menjelaskan fitur baru dari SehatQ, saya ingin memberi penjelasan singkat untuk para calon ayah tentang defenisi kehamilan dan cara mengitungnya biar makin paham aja, hehehe. Meskipun penulis tau kalau para ayah sudah paham tetang defenisi kehamilan, tapi biar makin paham saya beri penjelasan singkat.


Kehamilan adalah periode waktu antara pembuahan dan proses melahirkan. Dalam periode waktu ini, bayi tumbuh dan berkembang dalam rahim ibu. Usia kehamilan adalah istilah yang sering digunakan selama kehamilan untuk menjelaskan seberapa jauh kehamilan sudah terjadi.


Satuan usia kehamilan yang biasa digunakan adalah minggu, dihitung mulai dari hari pertama siklus menstruasi terakhir hingga tanggal sekarang. Kehamilan normal dapat berlangsung selama 38 hingga 42 minggu.


Bayi yang dilahirkan sebelum usia 37 minggu dianggap belum matang (premature). Bayi yang dilahirkan setelah 42 minggu dianggap terlalu matang (postmature).


Nah loh, makin penasaran kan? kalau begitu bagaimana, sih, cara menghitungnya? Usia kehamilan dapat diestimasikan dari tanggal hari pertama haid terakhir (HPHT). Estimasi ini mengasumsikan pembuahan terjadi pada hari ke-14 siklus.


Meskipun demikian, Usia kehamilan dapat dihitung dengan beberapa cara. Cara paling akurat adalah melalui pemeriksaan USG (ultrasonographic).


Usia kehamilan membantu memprediksi tanggal kelahiran, melakukan pemeriksaan kehamilan, dan mengevaluasi kesehatan bayi saat lahir.


Maka dari itu, usia kehamilan digunakan sebagai panduan untuk mengetahui apakah bayi tumbuh sesuai dengan yang diharapkan dan kapan perlu melakukan pemeriksaan. Bayi yang berukuran lebih besar dari yang diharapkan akan membutuhkan pemeriksaan lebih ketat.


Daripada pusing mikirin gimana cara paling simpel menghitung usia kehamilan. Penulis akan beri tahu jurus paling ampuh dan simpel menghitung usia kehamilan menggunakan kalkulator kehamilan.


Kalkulator usia kehamilan adalah fitur baru yang disediakan SehatQ untuk ibu-ibu hamil menghitung usia kehamilannya. Kalkulator ini bisa digunakan untuk menghitung usia kehamilan dan hari perkiraan lahir (HPL). 


Perhitungan didasarkan pada hari pertama haid terakhir (HPHT) dan rata-rata siklus haid. Dengan tahu usia kehamilan, Bumil bisa memahami perkembangan yang terjadi pada janin dan tubuh Bumil sendiri. Bumil pun jadi punya info lebih saat melakukan pemeriksaan bersama dokter kandungan.


Gimana? Makin penasaran, kan, dengan kalkulator kehamilan SehatQ? Biar gak makin penasaran, buruan buka paman google lalu buka website SehatQ kemudian buat akun di SehatQ dan manfaatkan fitur-fitur canggih yang sudah disediakan SehatQ.


Tunggu apalagi, buruan manfaatkan fitur kalkulator kehamilan SehatQ biar rasa penasaran kalian terobati, fitur ini ini bisa juga anda manfaatkan sebagai warning untuk para calon ibu untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan menjelang proses kelahiran ataupun pasca melahirkan.


Kalkulator kehamilan sehatQ sudah digunakan oleh banyak orang. Tidak hanya bagi para calon ibu saja tetapi juga bagi para calon ayah yang merasa penasaran dan tidak sabar lagi menggendong buah hati mereka. Jadi, tunggu apalagi, segera buka websitenya dan rasakan manfaatnya.


Nah, satu lagi nih yang perlu diketahui. SehatQ merupakan platform komunitas bagi pengguna untuk bertukar informasi dan saling mendukung dalam perjalanan kesehatannya, dan menghubungkan pasien dengan tenaga medis maupun penyedia layanan kesehatan. Jadi, tidak perlu ragu dan khawatir untuk menggunakan platform SehatQ.

×
Berita Terbaru Update