Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Agar Ramadhan Kamu Menjadi Indah dengan Beramal? Simak Penjelasanya

Jumat, 05 April 2024 | 00:11 WIB Last Updated 2024-04-04T16:11:55Z

Wahyu Arief Hidayat, Mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

LorongKa.com - 
Di bulan ramadhan ini pastinya banyak dong kegiatan yang bermanfaat? Tentunya selain melakukan puasa, masih ada banyak lagi kegiatan yang positif dan produktif. Simak penjelasan dibawah ini agar tau tips apa sih yang dilakukan agar tetap produktif dan juga tetap bersosialisasi dengan sesama umat muslim meskipun dibulan ramadhan ini?


Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan bulan yang sangat ditunggu tunggu bagi para umat islam, dibulan ramadhan banyak amalan dan juga banyak kegiatan yang positif, seperti yang biasa dilakukan oleh kalangan umat muslim, mereka tentunya berpuasa, tadarus dan bahkan masih banyak lagi.


Di bulan ramadhan ini tentunya sangat seru dan ramai, banyak banget pastinya kegiatan yang berunsur islami dan tentunya berpahala, Karena dibulan yang istimewa ini, umat islam berlomba-lomba melakukan amal kegiatan dan juga mereka berlomba-lomba untuk bersedekah.


Umat muslim tentunya diwajibkan untuk berpuasa dibulan Ramadhan ini, selain berpuasa pastinya juga banyak kegiatan didalam bulan ini yang positif dan juga produktif lo. Seperti tadarus, bersedekah dan yang sangat menyenangkan yaitu berbagi takjil.


Dalam hadist dibawah ini yang berkaitan dengan berkahnya bulan ramadhan :


Artinya:  Barangsiapa memberi perbukaan (makanan atau minuman) kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut (HR Ahmad).


Dari hadits di atas, banyak sekali lo, orang-orang memberikan jamuan kepada anak-anak atau orang yang sedang tadarus dimusola ataupun dimasjid. Tentunya asik dan senang melihat mereka menyantap makanan yang kita berikan kepada mereka. Dan merekanpun senang menyantap makanan yang kita berikan. Dengan begitu kita bersama-sama mendapat pahala di bulan ramadhan ini, karena membuat orang senang termasuk ibadah, dan setiap ibadah pastinya berpahala dong.


Tips agar Ramadhan menjadi indah.


1. Sedekah 


Sedekah merupakan suatu bentuk ibadah yang mana dalam kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan sesuatu kepada seseorang dengan ikhlas tanpa pamrih.


Tips ini sangat bermanfaat lo ketika dibulan ramadhan ini, karena dengan bersedekah kita tidak tidur-tiduran melulu, dengan bersedekah kita dapat berinteraksi terutama dengan sesama umat muslim, dengan anak-anak yang bikin mood kita senang, dan kepada lansia dimana kita akan mendapati senyum-senyum bahagia dari mereka.


2. Berbagi Takjil


Nah kemudian inilah yang dinanti nanti oleh kalangan anak-anak hingga remaja, berbagi takjil, dal hal ini takjil itu seperti jajanan biasa sebenarnya Cuma dalam bulan suci ramadhan jajanan itu disebut takjil dan itu hanya ada dibulan ramadhan lo, istimewa banget ya bulan ramadhan. Ga heran juga kalo orang-orang banyak yang tidak sabar menunggu datangnya bulan ramadhan. Dengan berbagi takjil kita tanpa sadar melakukan suatu kegiatan yang positif dan produktif kan sobat sekalian.

 

Jadi ayok jangan tiduran mulu, isi bulan ramadhan ini dengan kegiatan dan positif dong, yakalii 1 tahun sekali disia-siain, rugii dong!!


Nah, itu dia tips dari saya agar tetap produktif dibulan ramadhan, dengan begitu ramadhan akan menjadii indah dengan banyak -banyak melakukan sedekah.


Dengan demikian, bersedekah akan menjadi hal yang menyenangkan dan juga menjadikan kita banyak bersosialisasi dan berinteraksi dengan sesama manusia. Selain itu juga, kita mendapatkan pahala yang berlibat ganda dibulan ramadhan ini dengan melakukan sedekah dengan rasa ikhlas dan hati yang gembira. Pesannya, ga usah takut rugi, udah dijamin ko nanti bakal diganti berlipat ganda sama allah.


Penulis: Wahyu Arief Hidayat

×
Berita Terbaru Update