Info CPNS Jadi Trending Serp Dikalangan Emak-emak

OPINI --- Tidak terasa penerimaan CPNS sebentar lagi akan dilaksanakan baik tingkat daerah maupun tingkat pusat, meski belum jelas kapan jadwal pasti akan diselenggarakan namun saat ini sudah banyak info yang beredar terkait jutaan peserta yang akan mengikuti tes menjadi abdi negara.

Menjadi abdi negara adalah hal yang luar biasa dan diimpikan banyak orang. Maka tidak heran ketika info pendaftaran cpns mulai dibuka menjadi trending pencarian pertama di mesin pencari google.

Tidak hanya di internet, info cpns menjadi topik utama pembicaraan disetiap sudut kota maupun pelosok baik kaum ibu maupun bapak-bapak.

Menjelang pendaftaran cpns, banyak putra putri yang berada di luar daerahnya yang mendaftarkan diri sebagai cpns di tanah kelahirannya. Katanya sih, kalau diterima sekalian pulang kampung.

Menurut saya sih itu sah-sah saja, pasalnya menjadi abdi negara adalah pekerjaan mulia yaitu mengabdikan diri pada negara dan bangsa. Maka tidak heran ketika menjelang pendaftaran banyak orang yang rela meninggalkan pekerjaannya saat ini demi menjadi CPNS.

Namun ada beberapa hal yang kadang tidak diketahui oleh calon pelamar CPNS bahwa apa yang dipikirkan terkadang tidak sesuai dengan kenyataan. Salah satunya adalah tugas seorang PNS yang terkadang mengharuskannya lembur bahkan meskipun hari libur mereka terkadang harus bekerja.

Selain itu, belum lagi ketika harus terpisah dengan keluarga karena ditempatkan di daerah yang terpencil bahkan akses teknologi dan transportasi yang sangat terbatas.

Banyak yang kemudian berpikiran "terangkat jadi PNS aja dulu, urusan penempatan kan nantinya bisa minta pindah" namun perlu diketahui bahwa permohonan untuk pindah bisa saja baru akan terkabul setelah mengabdi puluhan tahun.

Salah satu cara mengatasi masalah penempatan maka setiap pelamar harus pandai memilih instansi yang tepat dan tidak beresiko pada penempatan. Mendaftar di kampung halaman sendiri adalah cara yang tepat untuk menghindari masalah penempatan.

Sebab akan sangat disayangkan ketika berhasil menyandang status PNS namun akhirnya mengundurkan diri hanya karena persoalan sedemikian itu, mengingat betapa susahnya menjadi PNS karena harus bersaing dengan jutaan pendaftar pada posisi yang sama ditawarkan.