Kunci Sukses Mahasiswa Uinam Terjun di Industri Kreatif

Lorong Kata - Muhammad Sofyan Haeruddin (20) merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi UINAM semester V.

Sofy sapaan akrabnya termasuk bagian konten kreator dari youtube rewind 2018 Makassar dan memiliki akun hiburan di instagram (@darimks) yang pengikutnya sudah mencapai 6.310.Sofy sangat menyukai bidang fotografi dan cinematografi lalu memulai merintih karir di industri kreatif pada tahun 2017 bersama dengan teman-temannya.

"Awalnya, saya memulai semua ini dari hobby bersama teman-teman. Tentu untuk memulai semua tidaklah mudah, perlu beberapa persiapan yang dilakukan. Misalnya, persiapan alat kamera,mic dan lightning. Saya tidak memiliki alat tersebut cuman saya selalu mengupayakan persiapan alat tersebut dengan cara meminjam di teman-teman.

Sofy juga acapkali berkolaborasi di youtube dengan Ndraadew. Ada banyak video yang memiliki cukup banyak viewers, yaitu Antang Dimata Orang Makassar, Antang vs Sudiang dan Istilah Gaul Anak Makassar.

"Alhamdulillah, ada beberapa video yang viewersnya cukup banyak dan disukai oleh masyarakat. Melalui kolaborasi tersebut, saya mendapat panggilan untuk ikut serta di youtube rewind 2018 Makassar. Tentunya bergabung di youtube rewind suatu pencapaian yang lebih bagi seorang konten kreator. Jelasnya.

Sofy juga menjelaskan bahwa "bagi teman-teman yang ingin terjun di industri kreatif harus memiliki komitmen dan konsistensi dalam membuat konten, sebab yang menjadi masalah dalam industri kreatif ialah komitmen yang tidak kokoh, sehingga membuat konten kreator berhenti di tengah jalan". Tutupnya.

Citizen reporter: Hendra.