-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Penghentian Izin

Minggu, 01 Maret 2020 | 11:46 WIB Last Updated 2020-03-01T03:46:29Z
Sri Ratna Puri, Bogor
Lorong Kata - Menteri Luar Negeri Arab Saudi, mengumumkan penghentian izin untuk sementara waktu, masuknya turis asing ke negara Haramain. Termasuk para calon jamaah umroh yang berasal dari Indonesia.

Dijelaskan, bahwa alasan penghentian, dikarenakan adanya usaha pemerintah Arab Saudi, untuk menghentikan penyebaran virus corona, yang semakin merajalela. Dan kebijakan ini, sebenarnya masih dalam taraf wajar. Dimana ada penguasa yang mengambil kebijakan, untuk melindungi rakyatnya.

Tapi bagi Indonesia, terutama para pengusaha yang bergerak di bidang travel haji dan umroh, kebijakan ini sangat merugikan. Sebab, berdampak buruk terhadap bisnis mereka. Untuk itu, banyak pihak yang menuntut pada pemerintah kita, supaya bisa menego kebijakan mereka (Arab Saudi).

Ibadah memang tak boleh dihalangi-halangi. Tapi, bila kondisinya memang tak memungkinkan, dalam arti ada bahaya yang menghadang, ada baiknya tidak dulu dilakukan. Sebagaimana, perjalanan umroh Rasul saw. di tahun ke enam hijriyah, pernah digagalkannya. Sebab, kaum Quraisy di Mekkah, menyangka perjalanan beliau, sebagai penyerangan yang berarti akan perang.

Maka, daripada tetap memaksa, mungkin lebih baik menambah konsentrasi, untuk bisa menghentikan penyebaran virus corona ini. Meningkatkan kekebalan imunitas badan, dengan penguatan aspek spiritual dan asupan makanan yang seimbang. Dalam arti, meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara layak. Supaya, saat nanti jamaah sudah diizinkan datang, mereka siap melakukan perjalanan, tanpa ada kekhawatiran. Dan bagi para jemaah umrah yang tertahan, diberi jaminan dan pelayanan yang dibutuhkan. Wallahu'alam.

Penulis: Sri Ratna Puri, Bogor.
×
Berita Terbaru Update