-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tips Agar Khatam Al-Quran di Bulan Ramadan

Rabu, 13 Mei 2020 | 20:38 WIB Last Updated 2020-05-13T12:41:22Z
Tips Agar Khatam Al-Quran di Bulan Ramadan
Abu Daffa
LorongKa.com - Khatam Al Quran selama Ramadan menjadi salah satu aktivitas pembawa berkah di bulan suci. Bulan Ramadan merupakan bulan di mana Al Quran diturunkan. Membacanya di bulan ini merupakan sebuah amalan besar dengan limpahan pahala.

Membaca Al Quran juga merupakan sunah Rasul yang dikerjaan saat ramadan. Rasulullah bahkan selalu khatam Al-Quran setiap tahunnya di bulan ramadan. Membaca Al Quran di bulan ramadhlan dapat melipatgandakan pahala. Apalagi jika Al Quran dibaca dan dikhatamkan selama satu bulan Ramadan.

Cara untuk khatam Al Quran di bulan ramadan juga tidak sesulit yang dibayangkan. Dengan adanya banyak waktu di rumah selama physical distancing, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengkhatamkan Al Quran. Ada sejumlah tips untuk khatam Al Quran di bulan ramadan.

Kamu bisa menerapkan tips ini setiap harinya untuk bisa khatam Al Quran dalam waktu bulan ramadan.

Membaca Al-qur’an adalah salah satu amalan yang bagus. Apalagi sekarang-kan bulan romadan, di mana bulan ini banyak sekali hikmah-hikmah serta kebaikan yang ada di dalamnya bahkan tidurnya di bulan romadan ketika berpuasa itu bisa menjadi amalan yang baik dibandingkan orang yang berpuasa tetapi, masih menjalani maksiat. Akan tetapi, lebih bagusnya ketika berpuasa itu bisa menjalani amalan-amalan yang bagus seperti membaca Al-qur’an, sholat dhuha, sholat qiyamul lail, membaca dzikir, tasbih, tahmid, dan lain-lain.

Nah disini saya akan berbagi tips membaca Al-qur’an agar kita bisa mengkhatamkan berkali-kali:

1 Bulan khatam Al-qur’an. Dengan cara ini kita bisa mengkhatamkan satu bulan penuh. Dengan niat yang ikhlas dan mengharapkan ridho Allah SWT. Kita targetkan bahwa kita mampu membaca Al-qur’an satu hari satu juz yang orang kebanyakan bilang one days one juz. Kita mulai setelah sholat fardhu. Dzuhur dua lembar, Ashar dua lembar, Maghrib dua lembar, Isya dua lembar, Shubuh dua lembar, dengan begitu terkumpul satu hari satu juz. Cara ini lah bisa mengkhatamkan satu bulan sekali khatam.

1 Bulan dua kali khatam Al-qur’an. Dengan cara ini kita bisa mengkhatamkan dua kali dalam sebulan. Caranya sama dengan cara mengkhatamkan Al-qur’an yang pertama, tetapi kita menambahkan saja agar bacaan kita lebih banyak lagi. Kita mentargetkan sehari harus bisa dua juz. Kita mulai setelah sholat fardhu. Dzuhur empat lembar, Ashar empat lembar, Maghrib tiga lembar, Isya empat lembar, Shubuh empat lembar.

1 Bulan tiga kali khatam Al-qur’an. Dengan ini kita harus mentargetkan sehari tiga juz, karena didalam Al-qur’an terdapat tiga puluh juz. Tiga juz dikalikan dengan tiga puluh hari dan dibagi tiga puluh maka kita bisa mengkhatamkan tiga juz. Dzuhur enam lembar, Ashar enam lembar, Maghrib enam lembar, Isya enam lembar, Shubuh enam lembar.

1 Bulan empat kali khatam Al-qur’an. Setelah sholat fardhu kita mulai. Dzuhur delapan lembar, Ashar delapan lembar, Maghrib delapan lembar, Isya delapan lembar, Shubuh delapan lembar.

1 Bulan lima kali khatam Al-qur’an. Setelah sholat fardhu kita mulai. Dzuhur sepuluh lembar, Ashar sepuluh lembar, Maghrib sepuluh lembar, Isya sepuluh lembar, Shubuh sepuluh lembar.

Nah, dengan ini insya Allah kita bisa mengkhatamkan Al-qur’an dengan baik.Jangan lupa kita juga harus membacanya dengan Tajwid dan niat yang ikhlas mengharapkan ridho Allah SWT.

Selain Tips diatas juga, saya akan memberikan sedikit ilmu kepada kalian agar khatam quran selama bulan ramadhan , berikut ini 7 Tips Khatam Al Quran selama bulan Ramadhan, lakukan tiap hari:

  1. Membangun Niat
  2. Baca satu juz tiap harinya
  3. Manfaatkan aplikasi al quran di ponsel
  4. Pahami al quran
  5. Tetap konsisten
  6. Tadarus bersama
  7. Cari grup pembaca al quran

Nah, membaca Al-qur'an selain amalan yang baik, membaca Al-qur'an ada manfaatnya juga seperti mendapatkan pahala yang berlipat, menjadi penawar obat penyakit fisik dan hati, tidak akan sesat dan celaka, sebagai syafaat (penolong) kita di hari akhir, mendapatkan ketenangan di dunia maupun akhirat, di angkat derajatnya, bahkan orang yg sebagai hafidz Qur'an maka matinya pun dijamin akan Khusnul khotimah. Tidak akan mendapatkan siksa kubur di karenakan ada Al-Qur'an yang ia baca.

Semoga kita bisa mengamalkan amalan yang Allah ridhoi dan semoga kita bisa mengkhatamkan Al-Qur'an dan terus membacanya agar di yaumul qiyamah nanti, kita bisa menikmati kenikmatan alam baka nanti . cukup sekian tips-tips yang bisa saya berikan agar kita bisa mengkatamkan Al-qur’an. Semoga bermanfaat bagi para teman teman seagama saya.

Penulis: Abu Daffa
×
Berita Terbaru Update