Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sambut Malam Lailatul Qadar dengan Penuh Kebahagiaan Menuju Ibadah yang Maksimal di Bulan Ramadhan

Selasa, 02 April 2024 | 21:27 WIB Last Updated 2024-04-02T13:27:08Z

Irsilawati Dewi 


LorongKa.com - Malam Lailatul Qadar adalah malam istimewa bagi seluruh umat Muslim di bulan ramadhan. Malam Lailatul Qadar ialah malam yang lebih baik dari 1000 bulan  yang artinya pada malam tersebut Ibadah akan dilipat gandakan hingga lebih baik daripada ibadah 1000 bulan (83 tahun lebih). Malam Lailatul Qadar adalah malam diturunkannya ayat-ayat pertama Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad saw melalui malaikat Jibril yaitu QS. Al-Qadr ayat 1-5. 


Artinya : Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan}


Kapan datangnya malam Lailatul Qadar?


Dalam Hadist Riwayat Bukhari telah dijelaskan bahwasannya malam Lailatul Qadar terjadi pada sepuluh malam terakhir bulan ramadhan.


 “Carilah Lailatul Qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadan," (HR. Bukhari)


Carilah Lailatul Qadar di sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadan pada sembilan, tujuh, dan lima malam yang tersisa," (HR. Bukhari)


Mengapa kita harus menyambut malam Lailatul Qadar dengan kebahagiaan ? Karena pada malam tersebut semua kebaikan dan ibadah akan dilipat gandakan lebih istimewa dari malam-malam biasanya. Dengan hal itu kita dapat memanfaatkan waktu   dengan ibadah dan amalan yang lebih maksimal. Selain itu mengingat bahwa malam yang istimewa ini datang hanya satu waktu dalam satu tahun.


Doa pada Malam Lailatul Qadar


Allāhumma innaka afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī (‘annā jika dibaca berjamaah).


Artinya: Ya Allah, sungguh Engkau maha pemaaf yang pemurah. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).


Manfaatkan Malam Lailatul Qadar dengan Aktivitas yang bermanfaat


Banyak Amalan yang dianjurkan yang dapat kita lalukan, yang tentunya rugi jika dilewatkan, diantaranya yaitu:


Memperbanyak Dzikir dan Berdoa 


Berdzikir dan berdoa adalah amalan yang sangat dianjurkan pada malam Laitaul Qadar,  karena dengan berdzikir dan berdoa umat Muslim memohon ampunan atas segala kesalahan dan meminta keberkahan untuk kebaikan hidupnya. Serta malam Lailatul Qadar adalah waktu yang mustajab untuk dikabulkannya doa.


Mengerjakan Sholat Malam


Umat Muslim dianjurkan untuk melakukan sholat malam pada malam Lailatul Qadar, karena pada malam itu kita dapat mendapat pahala yang besar serta dapat memperkuat keimaman kita kepada Allah Swt.


Artinya: "Barang siapa melaksanakan salat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR Bukhari)


Membaca Al-Qur’an dan Bershalawat 


Tadarus Al-Qur’an merupakan ibadah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw di bulan Ramadhan, termasuk pada malam ketika datangnya Lailatul Qadar. Selain itu umat Muslim juga dianjurkan  memperbanyak sholawat agar selalu dalam kebaikan Allah Swt.


Memperbanyak Sedekah


Sedekah adalah suatu amal kebaikan yang sangat dianjurkan karena kita dapat membantu orang disekitar serta menjadikan ladang pahala bagi kita yang melakukan dengan ikhlas karena Allah Swt.


Bertaubat kepada Allah Swt


Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat mulia maka dari itu hendaknya kita umat Muslim memanfaatkan malam tersebut untuk Bertaubat memohon ampun dan menyesali segala perbuatan buruk yang telah kita perbuat dan tidak mengulanginya.


Mari kita menyambut Malam Lailatul Qadar dengan penuh kebahagiaan melakukan anjuran-anjuran amal ibadah agar pada bulan suci Ramadhan ini dapat menggapai Ibadah yang maksimal. 


Penulis: Irsilawati Dewi

×
Berita Terbaru Update