-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Narapidana Dilepas, Masyarakat Cemas

Senin, 20 April 2020 | 08:52 WIB Last Updated 2020-04-20T00:52:23Z
Di tengah pandemi wabah covid-19, berbagai kebijakan penanggulangan telah dikeluarkan. Salah satunya, pembebasan napi. Tujuannya, meminimalisai terinfeksi virus ini.

Namun, sedari awal dikeluarkan, banyak yang menyangsikan. Bahkan, dinilai hanya akan menambah permasalahan. Sedang saat ini, fokus semua pihak, tertuju pada korona.

Benar saja. Belum lama para napi dikeluarkan, laporan tindak kriminalitas meningkat. Pencurian, penjambretan, narkoba, dan lainnya. Akhirnya, menimbulkan kecemasan di masyarakat.

Kalau saja, para pelaku kriminal dijatuhi hukuman setimpal, yakni, hukuman yang berasal dari Tuhan (Allah Swt). Maka, tak jadi penambah masalah.

Dengan pemberlakuan qishas potong tangan bagi pencuri, misalnya. Selesai, dalam waktu singkat. Negara tak usah mengeluarkan biaya, untuk mereka, selama hidup di penjara.

Setelah mendapatkan hukuman, para kriminal kembali mendapatkan hak-haknya sebagai warga negara. Sandang, papan, pangan, yang merupakan kebutuhan pokok, dipenuhi oleh Negara.

Maka saat pelaku kriminal dilepaskan, masyarakat tak akan terguncang. Terlebih saat  ini. Kecemasan tak akan terjadi. Dan itu pasti.

(Sri Ratna Puri, Bogor)
×
Berita Terbaru Update