Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pentingnya Rasa Percaya Diri Dalam Kehidupan

Senin, 10 Januari 2022 | 16:34 WIB Last Updated 2022-01-10T11:21:46Z

Nurulqalbyl Muthmainnah

OPINI, Lorongka.com- 
Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan informasi tentang pentingnya percaya diri. Penggunaan diri sebagai alat pembelajaran dan pelatihan yang bersifat rahasia membuat rasa percaya diri tidak sepenuhnya hidup atau buruk.


Yang dimaksud dengan rasa percaya diri adalah keinginan untuk mengisi diri dengan pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan sesuatu atau menjadi sumber penyempurnaan.


Rasa percaya diri mempunyai astang yang signifikan. Ia adalah sebuah kemampuan yang dapat dipergunakan oleh manusia untuk melakukan sesuatu atau menjadi bagian dari diri sendiri.


Rasa percaya diri memiliki peranan penting, sangat penting. Dengan rasa percaya diri, kita bisa belajar lebih dalam dan lebih cepat. Dengan rasa percaya diri kita bisa menyempurnakan kemampuan yang sesuai dengan kualifikasi kita.


Kepercayaan diri yang ditunjukkan oleh Anthony adalah watak seseorang yang dapat menerima kebenaran, berpikir jernih, dan dapat memiliki semua yang dia butuhkan. Kepercayaan diri merupakan bagian dari karakter manusia yang memiliki kapasitas signifikan untuk melengkapi kapasitas latennya.


Tanpa keberanian, banyak masalah akan muncul pada orang-orang. Menurut Koentjaraningrat, salah satu kekurangan usia muda Indonesia adalah tidak adanya rasa percaya diri. Untuk mengatasi hal ini, penting untuk mencari syafaat untuk membangun kepercayaan diri mereka, dan salah satu upaya untuk memperluas kepercayaan diri bagi individu yang mengalami hambatan yang berbeda adalah menyelesaikan interaksi pembelajaran yang kuat dan terus berlatih.


Faktor-faktor yang memengruhi kepercayaan diri sebagaimana menurut Hurlocks berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan terhadap kepercayaan diri, diantaranya:


a. Pengasuhan, kesempatan penilaian dan kewajiban yang diberikan wali kepada anak dalam memberikan sudut pandang merupakan salah satu contoh pengasuhan yang baik untuk mengembangkan kepercayaan anak di kemudian hari.


b. Perkembangan usia, pada usia tersebut sangat mempengaruhi rancangan-rancangan pekembangan dimana usia yang matang akan mempengaruhi pemikiran diri yang lebih siap untuk menyesuaikan diri dengan baik dan keadaan sekitarnya.


c. Jenis kelamin, ini lebih berpusat pada sesuatu yang akan dilakukan, di manas sesorang lebih sering merasa lebih yakin, dan persamaan gender adalah apa yang saat ini memengaruhi keberanian seseorang.


d. Penampilan aktual, komponen ini mungkin merupakan variabel utama dari tidak adanya keberanian individu, di mana kenyataannya saat ini disadari bahwa kadang-kadang seseorang yang menikmati manfaat nyata mendapat penghargaan unik dari orang lain baik sebagai perlakuan atau kata-kata.


e. Hubungan keluarga, dengan asumsi seseorang memiliki hubungan yang layak dengan keluarganya, cenderung diakui bahwa ia akan menumbuhkan teladan karakter yang sama dengan orang lain. Dengan demikian, jika dalam sebuah keluarga terdapat hubungan yang menyenangkan, kesamaan, dan keteladanan yang tulus, hal ini akan mendorong pandangan positif pada individu dalam membentuk karakternya.


f. Rekan-rekan, ini adalah faktor luar yang memengaruhi kepastian seseorang, mereka tidak dapat dibatasi oleh seseorang tersebut, tetapi menariknya, ia dapat menanganinya sendiri.


Dari berbagai faktor yang dapat membuat diri seseorang  tidak percaya diri dan membuatnya semakin tidak bisa berkembang, maka salah satu caranya adalah berhenti membanding-bandingkan diri, ini biasanya yang menjadi penyebab utama mengapa seseorang bisa mengalami kurangnya rasa percaya diri/minder, akibat selalu membanding-badingkan diri dengan orang lain baik itu pencapaian ataupun kebahagiaan yang biasa ditemukan di media sosial.


Hal yang perlu diingat adalah setiap orang memiliki waktunya masing-masing untuk mencapai segala tujuannya dan pada saat kita membanding-bandingkan dir dengan orang lain itu anya akan membuang-buang waktu untuk meraih segala tujuan yang diinginkan. Dan perlu juga kita ketahui bahwa menambah pengetahuan dan wawasan juga dapat membuat dan memudahkan kita dalam memulai percakapan dengan orang  lain. Karena dalam hal itu orang lain akan merasa nyaman berbicara dengan kita. Kemudian, kita juga harus memiliki sikap ramah kepada orang yang ada di sekitar kita.


Meskipun sedrhana namun, masih banyak diantara kita yang sering mengabaikannya bukan? Nah, maka dari itu bersikap ramahlah kepada orang lain karena dengan itu kita dapat dengan mudah  mendapatkan relasi dan perlakuan mereka pun akan sama dengan apa yang kita lakukan bersama mereka. Pastinya jangan lupa 5S nya yaitu senyum, sapa, salam, sopan, dan santun. Dan seiring berjalannya waktu kita akan dihargai oleh orang lain dan kepercayaan diri kitapun akan meningkat.


Penggunaan diri sebagai alat pembelajaran dan pelatihan yang bersifat rahasia membuat rasa percaya diri tidak sepenuhnya hidup atau buruk. Yang dimaksud dengan rasa percaya diri adalah keinginan untuk mengisi diri dengan pengetahuan dan kemampuan untuk melakukan sesuatu atau menjadi sumber penyempurnaan. Rasa percaya diri mempunyai astang yang signifikan. Ia adalah sebuah kemampuan yang dapat dipergunakan oleh manusia untuk melakukan sesuatu atau menjadi bagian dari diri sendiri. Rasa percaya diri memiliki peranan penting, sangat penting. Dengan rasa percaya diri, kita bisa belajar lebih dalam dan lebih cepat. Dengan rasa percaya diri kita bisa menyempurnakan kemampuan yang sesuai dengan kualifikasi kita. 


Biodata Penulis: Nurqalbyl Muthmainnah

×
Berita Terbaru Update